Tips Ketupat Bisa Bertahan Lama dan Tetap Pulen

Perayaan Idul Fitri tak lengkap Tanpa ketupat. Ketupat juga yang membuat hidangan opor ayam menjadi semakin lezat.

Seringkali banyak orang membelinya dalam jumlah yang cukup banyak. Sayangnya, sama seperti makanan pada umumnya ketupat juga bisa basi sehingga harus dimakan segera.

Tak perlu khawatir, ternyata ada sederet tips menyimpan ketupat agar lebih awet dan tak mudah basi. Bagaimana caranya? Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

1. Gantung ketupat
Cara yang paling umum dan ternyata penting adalah menggantung ketupat. Menyimpan ketupat dengan cara menggantung dapat membuatnya tidak lembap sehingga tak mudah basi.

Dengan begitu uap panasnya menetes dan yang penting harus tetap kering.Cara menyimpan seperti ini juga membuat ketupat tetap terkena angin sehingga kering di segala sisi.

2. Panaskan sedikit-sedikit
Sebaiknya memasak ketupat hingga benar-benar matang terlebih dahulu. Kemudian, bila ingin menyantapnya lagi baiknya dipanaskan sedikit-sedikit saja; sesuai dengan porsi yang hendak dimakan.

3. Simpan dalam kulkas atau chiller
ketupat juga bisa disimpan dalam kulkas. Biasanya cara ini dilakukan bila ketupat sudah sekitar tiga hari berada di luar (suhu ruang).

Pastikan juga suhu kulkasnya normal, biasanya 2-5 derajat Celsius. Dengan begitu ketupat lebaran buatanmu dapat bertahan hingga enam hari.

4. Masukkan freezer
Bila ingin ketupat bisa bertahan lebih dari satu minggu, ada baiknya masukkan ke dalam freezer saja. tempatkan terlebih dahulu dalam wadah kedap udara, lalu simpan dalam freezer. Bila sewaktu-waktu ingin dikonsumsi lagi, pastikan kamu mengeluarkannya sejam sebelum ketupat dipanaskan atau dikukus.

5. Masak sesuai kebutuhan
Tips terakhir yang juga tak kalah penting yakni masaklah ketupat dengan jumlah sesuai kebutuhan. Kamu bisa memasaknya dua atau satu hari sebelum agar rasanya masih segar dan pulen.

Perhatikan pula saat proses memasaknya, ketupat yang berkualitas baik dan tahan lama.