Kenapa Telur Ceplok disebut Telur Mata Sapi

Telur ceplok kaya akan gizi dan menu makanan yang banyak digemari oleh orang. Cara masaknya yang sangat simple, telur mampu menjadi lauk untuk menambah selera makan.

Di Indonesia biasanya hidangan telur ceplok disebut juga telur mata sapi sedangkan Penduduk Maryland di Amerika Serikat menyebut telur ceplok dengan kata dip eggs. Memiliki arti telur yang dicelup. Ada juga yang menyebutnya dengan dippy eggs dengan arti yang sama.

Berbeda dengan orang Pennsylvania menyebut telur ceplok dengan treasure eggs yang artinya telur yang menyimpan harta karun.Mereka menganggap kuning telur pada telur ceplok merupakan bagian yang sangat enak untuk dinikmati.

Orang Jerman menyebutnya dengan spiegelei . Spiegel sendiri artinya cermin. Meski agak membingungkan, mereka mengangap putih telur yang diceplok memiliki tekstur yang tipis dan berwarna sangat putih.

Untuk Indonesia sendiri, telor ceplok berasal dari bahasa Jawa. Ketika memecahkan telur menjadi dua dan menjatuhkan telur di atas penggorengan, terdengar bunyi “ceplok”.

Untuk sebutan telur mata sapi ini diawali dari orang Perancis yang datang ke Indonesia dan mengatakan telur ceplok dengan Œil de Boeuf. Kemudian diterjemahkan dalam bahasa Inggris menjadi Bull’s Eye. Sebutan Bull’s Eye yang artinya mata sapi.

Secara harafiah arti Bull’s Eye memang mata sapi. Namun, yang dimaksud dengan Bull’s Eye di sini adalah titik tengah lingkaran yang dijadikan sasaran panah.

Kandungan gizi dalam telur telur merupakan bahan pangan yang memiliki gizi tinggi. Berikut kandungan dari telur:

Protein
Sekitar 6 gram protein dalam telur yang lebih mudah diserap dan dipergunakan tubuh secara efisien. Telur juga memiliki kandungan kalori sebanyak 74.

Kolin
Kuning telur merupakan salah satu sumber nutrisi kolin. Nutrisi kolin penting untuk pertumbuhan otak janin dan fungsi otak pada orang dewasa.

Lutein dan Zeaxanthin
Kedua zat tersebut memiliki fungsi untuk mencegah kerusakan mata, terutama katarak dan degenerasi makula. Kandungan ini terdapat pada kuning telur.

Vitamin D
Telur merupakan salah satu sumber alami vitamin D yang penting untuk tulang dan gigi. Vitamin D diperlukan untuk penyerapan kalsium dan menjaga kesehatan gigi dan susu.