Begini Cara Agar Makanan Awet Disimpan dalam Kulkas

Belanja kebutuhan pangan dalam jumlah banyak, harus pula dipikirkan cara menyimpan makanan yang kita miliki dengan baik sehingga umurnya lebih panjang.

Kulkas berperan sangat penting memperpanjang Masa penyimpanan makanan masak. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memanaskan makanan tersebut lalu mendinginkannya kemudian baru disimpan ke dalam kulkas.

Proses pemanasan penting untuk mensterilisasi makanan sisa sebelum disimpan ke dalam kulkas. Bila langsung disimpan ke dalam kulkas tanpa dipanaskan, makanan sisa mungkin sudah duluan ditumbuhi oleh bakteri atau kuman.

Makanan memang harus dalam keadaan yang sudah steril, baru masuk ke penyimpanan (kulkas) karena Bakteri di makanan sisa ini tidak akan mati oleh suhu dingin kulkas. Suhu dingin kulkas hanya akan mencegah bakteri untuk tidak berkembang.

Namun, bisa juga dibalik bila tidak sempat untuk memanaskan makanan sisa sebelum disimpan ke kulkas. Pada kondisi ini, makanan sisa yang hendak disantap kembali harus terlebih dahulu langsung dipanaskan. Jangan biarkan makanan sisa ini keluar kulkas dan ditaruh di suhu ruangan.

Saat menyimpan makanan sisa ke dalam kulkas, wadah penyimpanan yang digunakan sebaiknya wadah kedap udara. Makanan-makanan sisa ini tidak boleh disimpan dalam keadaan terbuka untuk mencegah terjadinya interaksi aroma hingga interaksi zat di dalam kulkas.

Selain itu, tiap jenis makanan harus ditempatkan dalam wadah terpisah. Jangan mencampurkan jenis makanan yang berbeda ke dalam satu wadah yang sama. Sebagai contoh, ayam goreng dan tempe goreng tidak boleh diletakkan dalam wadah yang sama ketika disimpan di dalam kulkas. Siapkan media penyimpan tertutup, dikedap dan kemudian meletakannya per jenis makanan.

Demikian tips menyimpan yang benar.